Selasa, 08 Oktober 2013

Budidaya Singkong 60Ton/Ha




APLIKASI OREZA PADI PADA TANAMAN SINGKONG





Tanaman singkong sangat membutuhkan nutrisi yang cukup banyak terutama untuk pembentukan zat pati/sagu. Sehingga tanah yang di tanami singkong secara terus – menerus mengakibatkan tanah menjadi tandus, untuk menjaga tingkat kesuburan tanah, petani banyak menggunakan pupuk kandang, akibatnya tanah kelebihan bakteri pengurai dan serangga penggerak akar.
1     .     UREA/ZA                                                          : 3 kw/6karung @ 50kg.
2     .      Dolomite                                                           : 1,2 ton/24 karung @ 50kg.
3     .      Invite Invite Oreza Formula Pangan               : 24 liter.

Total kebutuhan pupuk/ha                              : (3kw UREA + 1,2 ton Dolomite + 24 liter Invite OrezaPangan = 1,5tonInvite Oreza paket Jadi / NPK Berimbang).

Cara Aplikasi :
          Campurkan 1 karung UREA/ZA + 4 liter Invite Oreza + 4 karung Dolomite sehingga setiap campuran menghasilkan 250kg pupuk Invite Oreza paket Jadi / NPK Berimbang. Pencampuran harus dilakukan dengan baik, campurkan Urea / ZA dengan Invite Oreza telebih dahulu, agar bersenyawa dengan baik, setelah tercampur dengan sempurna baru Dolomite di campurkan.

PengolahanLahan :
Taburkansekam / pupukkandang 2 ton yang dipermentasidengancampuran 1,5 kw Invite Orezapaketjadi / NPK berimbangpadalahansebelumdibajaktujuannyauntukmembuatpori – poritanah , maksimalkedalamanbajaktanah 45 cm.






Penanaman 







   
1.        Pemotongan bibit stek singkong dilakukan dengan gergaji agar mempunyai system pelukaan yang rata yang mana dari pelukaan tersebut akan tumbuh banyak akar.
2.             Benih di rendam dalam larutan Invite Oreza selama 15 menit  [1 liter Invite OrezaPangan + 100 liter air bersih] 1 liter Invite Oreza cukup untuk merendam kebutuhan bibit singkong 2 ha.
3.             Bibit stek singkong yang sudah di rendam dimasukan dalam karung agar mudah di angkut ke lahan penanaman. Bibit singkong yang telah di rendam segera di tanam dan paling lambat 3 hari, jika lebih dari 3 hari bibit singkong sudah tumbuh tunas dan akarnya.
4.             Jaraktanam yang ideal 60 x 60 x 1 m / jejerlegowo.

Waktu Aplikasi :


Pupuk yang pertama: 














(1bulan ST) taburkan (3kw Invite Oreza paket Jadi / NPK Berimbang)


( 75 kg UREA /ZA + 5 liter Invite OrezaFormula Pangan + 5  karung Dolomite)
Pemupukan singkong yang ke-1 dilakukan pada 1 bulan setelah tanam, pemupukan dapat di tabur di sekitar tajuk tanaman, atau ditugal, untuk hasil yang maksimal, pemupukan paling bagus di tugalkan, sehingga pupuk tidak banyak yang menguap atau tercuci oleh air hujan. Pada pemupukan pertama ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan, akar, batang dan daun.



Pupuk susulan ke 2 :

(2 bulan ST) taburkan (3 kw Invite Oreza paket Jadi / NPK Berimbang )
(75 kg UREA/ZA + 5  literInvite Oreza Formula Pangan + 5 karung Dolomite )



Pemupukan singkong yang ke-2 bertujuan untuk membentuk akar umbi, karena tidak semua akar pada tananman singkong akan menjadi umbi. Jika pada usisa 2 bulan tanaman singkong tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup, maka pembentukan umbi akan gagal, dalam 1 tananman hanya terdapat beberapa umbi yang akan tumbuh menjadi singkong yang siap di panen. Sehingga pemupukan yang ke-2 ini sangat penting untuk membentuk umbi singkong



Agar pertumbuhan tanaman singkong mendominasi lahan, sehingga gulma tidak dapat tumbuh dengan normal. Karena kalah bersaing dengan tanaman singkong. Jika pada awal pertumbuhan singkong tidak normal maka, gulma akan tumbuh subur dan mendominasi lahan sehingga tanaman singkong gagal membentuk umbi yang maksimal.

Pemupukan yang ke 3:






(3 bulan ST) taburkan (3 kw Invite Oreza paket Jadi / NPK Berimbang).
(3 kw UREA/ZA + 12 liter Invite OrezaFormula Pangan + 12 karung Dolomit).
pemupukan singkong yang ke-3 dilakukan stelah umur 3 bulan stelah tanam. Pemupukan ini bertujuan untuk memaksimalkan dalam pembentukan umbi. Walau tanaman sudah subur, jika tidak kita pupuk pada usia 3 bulan maka, pembentukan umbi akan terganggu, pada usia 3 bulan ini pertumbuhan vegetatif tanaman sudah berhenti, sehingga jangan takut tanaman akan terlalu gemuk, pemupukan dengan Invite Oreza tidak membuat tanaman menjadi subur secara vegetatif, tanaman akan membentuk setruktur yang kokoh dengan membentuk jaringan umbi yang maksimal.

MANFAAT INVITE OREZA PADA TANAMAN SINGKONG.


  

    




    Mempercepat pertumbuhan (akar,dan pertumbuhan tunas).


Pada perlakuan bibit stek singkong, Invite Oreza padai dapat berfungsi sebagai hormone perangsang tumbuh, yang memacu system pertumbuhan [akar dan tunas batang] sehingga dalam 3 hari jika tidak segera di tanam maka pertumbuhan tunas batang dan akar akan segera aktif. Pertumbuhan akar pada stek batang merupakan hal yang utama dalam budidaya singkong, jika akar tidak dapat tumbuh dengan lebat, maka petumbuhan selanjutnya akan terganggu dan produksi umbi tidak maksimal.

    






Meningkatkan kadar pati, dan mempercepat pertumbuhan umbi.
Kadar aci pada singkong, pada umumnya di pengeruhi oleh umur singkong dan musim, namun dengan teknologi dari Invite Oreza, pertumbuhan umbi terjadi sedini mungkin, yang langsung terbentuk kadar aci secara maksimal, pada singkong yang berumur 3 bulan telah membentuk umbi dengan kadar aci yang bagus, sehingga kita dapat sedini mungkin, memaksimalkan pertumbuhan umbi dengan kadar aci yang bagus. Pada usia 7 bulan singkong kasesa yang di beri perlakuan Invite Oreza dapat di panen dengan kadar aci kurang lebih 24% dengan tonase mencapai 75 ton /ha.



Untuk dearah yang sering terserang serangan jamur akar, penggunaan pupuk Invite Oreza mampu mencegah, terjadinya serangan penyakit tersebut, terbukti seluruh singkong yang di tanam didaerah kota gajah, seputuh banyak, dan rumbia, singkong yang di tanam daerah tersebut sering diserang penyakit jamur akar, yang menyebabkan umbi singkong mudah busuk, maka setelah menggunakan pupuk Invite Oreza seluruh tanaman singkong tidak ada yang terkena serangan penyakit tersebut.



 Dapat mempercepat panen 







Dengan pembentukan umbi sejak dini maka potensi biomasa tanaman singkong dapat sedini mungkin untuk membentuk umbi, umbi tanaman singkong dengan aplikasi Invite Oreza dapat di aktifkan sejak tanaman berusia 2 bulan, sehingga tanaman singkong mempunyai peluang lebih banyak untuk membentuk umbi, di banding membentuk daun dan batang. Dengan pemupukan yang maksimal [1,5 ton Invite Oreza paket Jadi / NPK Berimbang/ha] terbentuk 150 ton bio-masa berupa [akar, umbi, batang dan daun singkong] dari jumlah tersebut 75% nya merupakan umbi singkong yang kaya dengan kadar aci.




S a l a m  O r e z a 







1 komentar:

  1. mas, komposisi pupuk oreza + urea+ dolomit untuk lahan singkong 2 Ha berapa ?

    BalasHapus